Sabtu, 04 November 2017

Halooo!!! (Sumpah ya, garing banget openingnya. Masa di semua post kayak gini terus, hahaha)
Susah ya punya kulit acne prone?

Salah produk dikit jerawatan. Mau datang bulan jerawatan. Kurang bersihin muka jerawatan. Yaaa pokoknya sering jerawatan jadinya. Bekasnya masih ada, eh muncul baru. Kesel ya emang.
Yang punya kulit kayak aku gini pasti tau struggle nya gimana, iya kan?

Oh iya sebenarnya kulit acne prone itu nggak selalu kulitnya berminyak loh, bahkan kulit kering pun bisa gampang jerawatan. Kulitku sendiri sebenarnya normal, Cuma di suatu kondisi akan jadi normal to dry atau normal to oily. Beberapa bulan belakangan sih kulitku normal to oily karna musim panas yang terus menerus L

Daritadi mau ngomongin acne prone terus, kapan ke intinya? Wkwk.

Btw, post kali ini ga bahas acnee prone loh haha. Kita akan bahas gimana caranya menaklukan jerawat ringan sampai sedang. Bagi yang punya kulit acne prone kaya aku mungkin akan bermanfaat buat kalian kalau “dosa” kalian membuat muka kalian tumbuh jerawat dan ingin segera mulus.
Cara berikut udah aku buktikan dan berhasil banget di aku. Pas itu jerawat lagi heboh-hebohnya selama 2 bulan gamau berhenti (mati satu, tumbuh seribu). Setelah aku rutin pakai cara praktis ini, jerawatku ilang lang lang langgggg dan itu selesai dalam kurun waktu sebulan lebih dikit. Tertarik?


STEP 1 : Cuci muka pakai JF Sulfur Anti Acne

Source: website resmi JF

Perkenalanku dengan JF sebenarnya cukup singkat. Biasanya, untuk membeli sebuah produk, aku blog walking dulu, cari reviewnya. Tapi, JF Sulfur ini bikin aku kepincut di tatapan pertama. Jadi, pas muter supermarket di mall, nemu sabun batangan khusus jerawat dengan kandungan sulfur di dalamnya yang tidak lain dan tidak bukan si JF Sulfur Anti Acne ini. Setelah mengamati kandungannya (Sulfur emang bahan bagus untuk menangani jerawat, lebih bagus daripada greentea), aku putuskan untuk membeli. Toh, misal gak cocok bisa langsung berhenti karna murah jadi gak sayang kalau nggak dihabisin (7000an untuk sabun kemasan kecil yang bisa dipakai lebih dari 2 bulan untuk pemakaian muka only).

Baunya sih emang sulfur banget. Pas dipakai muka juga jadi kering walaupun nggak banget. Tapi, trust me. Ini sabun bisa banget diandalkan ngelawan bakteri jerawat di muka kalian. Nggak bisa instan sih emang. Kalau menurut klaimnya, mereka mampu melawan bakteri jerawat sesudah 2 minggu pemakaian.

Ketika kalian berjerawat, kalian harus benar-benar membersihkan muka kalian sampai ke dalam pori-pori. Kalau aku cuci muka 3x dalam sekali pemakaian. Selain itu, kalian pijet lembut muka kalian pas pakai sabun yang tidak ada jerawatnya jadi produknya masuk sampe pori-pori. Kecuali untuk yang jerawatnya masih meradang jangan di pijet yaa nanti meletus dan malah makin parah.

STEP 2 : Citra Pearly White + Clindamycin

Maaf editannya kacau. Baru pertama kali nyoba ngedit nih :")

Karna pakai JF cukup buat kulit kering, moisturizer wajib dipakai. Aku disini pakai tetep pakai moisturizer kesayangan, tapi ditambahi clindamycin. Clindamycin bisa dibeli di apotek ya. Ada yang dosis 150 ada yang 300. Untuk yang baru permulaan, pakai yang 150 dulu aja. Cara buatnya cukup citra pearly white dicampur sama clindamycin 2-3 kapsul (isinya yang di kapul dimasukan ke citra). 

Kalau memang kurang nampol bisa pakai yang dosis 300 tapi 1-2 kapsul (anyway, 2 kapsul dosis 150 sama dengan  1 kapsul dosis 300). Intinya, jangan langsung pakai dosis tinggi. Dosisnya kalau kurang pas, ditambahi lagi. Untuk mencampurnya pastikan dengan keadaan bersih ya, jadi kalau pakai alat buat mencampur ya pastikan bersih dan steril, kalau pakai tangan pastikan bersih ya. Percuma pakai ini kalau kalian menggunakan bahan yang kotor akhirnya jerawat malah makin menjadi di kulit kalian.

Oh iya, clindamycin itu sifatnya antibiotik, jadi sekali lagi jangan langsung ke dosis tertinggi! Pemakaiannya juga maksimal 1 tube ya. Kalau jerawat sudah hilang semua, hentikan pemakaian clindamycin. Gunakan pada saat berjerawat saja ya untuk menindari resisten obat. Kalau jerawat sudah musnah, bisa di teruskan pakai citra pearly white tanpa clindamycin atau moisturizer lain kesayangan kalian.

Pemakaiannya bisa dipakai di daerah berjerawat saja maupun full muka. Again, jangan dipakai kalau kulit sudah tidak berjerawat! Untuk frekuensi pemakaian tergantung individu masing-masing. Kalau aku dua kali sehari, full muka dengan dosis 3 kapsul clindamycin dosis 150 (padahal pas konsultasi ke apotek aku disarankan pakai 4 kapsul dosis 150 mg per hari tapi ini dosis oral ya). Oh iya, clindamycinnya bener-bener pait. Kalau kalian berkeringat / wudhu, clindamycinnya luntur dan terkadang sampe di bibir kalian. Jadi, pas pakai ini kemudian kalian ga sengaja “mingkem” atau ngerasain bibir kalian, pasti rasanya pait banget haha.

Kalau untuk merawat kulit untuk tidak mudah berjerawat sesudah sembuh dari jerawatan bisa cek post ku berikut: Review Citra Anti Acne.

Untuk yang bertanya: bisa nggak pakai moisturizer lain? Setau aku bisa setelah googling di beberapa web. Cuma aku belum pernah membuktikan untuk pakai moisturizer lain. Siapa tahu kalian udah bisa bagi pengalamannya di komentar yaaa!

STEP 3 : Maskeran

Souce: website femaledaily review tentang masker ini

Maskeran? Yap! Tapi jangan menggunakan masker yang ada scrubnya seperti himalaya neem mask. Memang sih jerawat cepet kempes tapi sedikit demi sedikit cairannya keluar tanpa kalian sadar dan menginfeksi daerah sekitar jerawat kalian. Hasilnya, jerawat satu pudar, jerawat lain tumbuh. Masker yang aku maksud disini adalah masker yang halus ya tanpa scrub. Kalau aku biasanya pakai masker sariayu krem masker jerawat setiap 2 hari sekali. 

UDAH SEGITU DOANG STEPNYA!
Kalau kalian ikuti 3 step diatas niscaya kulit kalian bebas jerawat dan kenyal.
Aku Cuma pakai 3 step itu dan berhasil mengatasi jerawat Cuma dalam 1,5 bulan. Padahal aku sudah terserang 2 bulan lamanya tanpa henti jerawatan. 
Kalian lakukan 3 step tersebut dengan konstan ya. 
Yang istiqomah biar cepet hilangnya. 
Jangan lupa bersihkan makeup sebersih-bersihnya. 
Kalau perlu pakai milk cleanser dahulu. 
Jangan kena makeup terlalu lama juga. 
Hindari makanan kayak susu atau kacang (mereka berdua bisa nimbulin jerawat). 
Last but no least, jangan lupa Bismillah biar jerawatnya ilang.
Maaf gaada foto before after karna emang pas jerawatan ogah banget foto. Liat kaca aja males banget apalagi nyimpen fotonya haha.

Terakhirrrr banget, Selamat mencoba melawan jerawat yaaa! Semoga cepet bersih dan jangan lupa mampir terus di blog ini xD

7 komentar

Kak pake clindamycin itu biar apa ya? Makasih

REPLY

Kak saya remaja saya udah coba beberapa skincare dokter tapi hasilnya nol ini saya sabun muka pakai sabun muka dari klinik kecantinkan larissa trs buat ngilang in bekas jerawat saya pakai salep melanok trs mukaku jdi kering bgt apa kalo pakai pelembab citra dicampur cybdamen boleh nggaj

REPLY

Kak, kulit kakak itu berjerawat berminyak apa gimana? Soalnya kulitnya berminyak banget dan jerawat kecil2. Makasihh

REPLY

wah ternyata kita bisa bikin obat jerawat dengan campuran gitu ya, pernah denger dari beauty influencer juga klo ada obat kapsul yang dia pake untuk ngobatin jerawat. terimaksih banyak infonya kak,,,

bantu visit aku juga dengan https://www.cekaja.com/asuransi-kesehatan/ ya, terimakasih:)

REPLY

wah ternyata kita bisa bikin obat jerawat dengan campuran gitu ya, pernah denger dari beauty influencer juga klo ada obat kapsul yang dia pake untuk ngobatin jerawat. terimaksih banyak infonya kak,,,

bantu visit aku juga dengan klik di sini yaa,,, terimakasih :)

REPLY

Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates & MyBloggerThemes