Minggu, 08 Oktober 2017

Halooo teman-teman semua. Hari ini aku mau post tiga tulisan sekaligus, hehe. Habisnya baru dapat paketan sih buat upload plus baru gak males uploadnya sekarang :p Oh iya untuk post jenis bedak dan lip product akan dibagi jadi dua ya biar gak bingung bacanya.

Post kali ini aku gak akan review produk dulu yaa. Kali ini aku akan ngasih sedikit informasi yang semoga aja berguna buat kalian. Aku yakin beberapa diantara kalian yang baru pertama kali makeup-an pasti kenal pertama kali sama bedak dan lipstik. Kalian gak akan mikir terlalu jauh kalau makeup itu ada yang namanya highlighter, blush on, contour cream dll. Aku pun sama diawal mengenal make up. Kalau aku nih pas awal dulu lihat orang makeup paling bilang “wah, bedak sama lipstiknya bagus ya. Eh merah-merah di pipinya juga bagus” tanpa tau kalau produk yang mereka pakai mungkin lebih dari sekedar bedak, lipstick, dan blush on xD Nah, dari nostalgia masa lalu itulah yang membuatku teringat kalau dulu aku juga nggak ngerti soal per-makeup-an dan bahkan gak tau jenis bedak dan jenis lipstick. Jadiiiiii kali ini aku bakal bahas jenis bedak dan lip product buat kalian yang masih awam dan butuh kepastian eaaakkk.

JENIS-JENIS BEDAK

Menurut aku ya, bedak termasuk basic make up banget. Kenapa basic? Karna di awal perkenalan dunia kosmetik, kalian pasti lebih dulu berkenalan dengan bedak daripada produk kosmetik lainnya. Bahkan pas kita (atau mungkin aku doang) masih kecil, bedak udah jadi make up andalan ibu-ibu untuk sedikit mempercantik atau memperlucu riasan muka kita. Nah, karna penting juga bedak, jadi aku akan ngasih tau beberapa jenis bedak sekarang.

-         Bedak Tabur / Loose Powder / Transparant powder
Bedak tabur ini bedak basic banget. Komposisi dasar paling inti dan banyak adalah Talc. Intinya bedak ini nyerbuk banget deh kayak pasir putih yang dihaluskan(?) Bedak ini juga bedak paling familier. Salah satu contohnya adalah bedak bayi. Yup! Bayi biasanya menggunakan bedak tabur misalnya bedak bayi Cuss*n. Kelebihan bedak jenis ini adalah dia bedak yang paling ringan di kulit dan nggak menutup pori plus dia juga relatif aman buat kulit sensitif. Karna dasar itulah bedak tabur sering dipakai untuk produsen bedak bayi. Bedak tabur juga bagus dalam mengontrol minyak di kulit. Jadi, bedak ini cocok buat kulit berminyak buat menahan minyak berlebih, mengurangi/mengontrol sebum, dan membuat wajah lebih matte. Bedak jenis ini biasanya no coverage atau terkadang very sheer coverage alias nggak menutupi noda apapun dimuka atau hanya sangat sedikit menutupi noda di muka.


-          Bedak Padat / Compact Powder / Pressed powder
Compact powder dan pressed powder pada dasarnya sama hanya beda istilah aja. Intinya, bedak ini merupakan bedak tabur yang di padatkan (ya iyalah namanya juga bedak padat wkwk). Untuk pemadatan Talc ini kan perlu beberapa tambahan bahan, jadi komposisi dalam bedak padat ini biasanya lebih kompleks. Dengan kata lain, kalau kita membandingkan bedak padat dan bedak tabur, bedak padat sedikit lebih berat daripada bedak tabur. Oil control bedak padat tidak terlalu baik dibandingkan bedak tabur. Tapi kalau urusan coverage, bedak ini cukup bisa diandalkan buat sehari-hari daripada coverage bedak tabur yang bahkan gak ada sama sekali. Bedak tabur biasanya sheer coverage (nge-cover ringan imperfection di muka kalian). Bedak ini bagus untuk pemakaian sehari-hari bagi kulit normal atau kering karna biasanya untuk kulit kering kalau memakai bedak tabur untuk kesehariannya, kulit bersisik atau mengelupas akan lebih terlihat. Jadi, kulit normal atau kering lebih disarankan memakai bedak jenis ini. Oh iya untuk kulit normal sendiri sebenarnya bisa memilih antara bedak tabur atau bedak padat karna nggak masalah bagi pemilik kulit normal, sama bagusnya.
Ig: @pixycosmetics

-          Two Way Cake
Bedak two way cake merupakan bedak yang terdapat foundation di dalamnya. Perbandingannya kurang lebih 30:70 lebih banyak bedaknya daripada foundation. Kalau dari luar, compact powder dan twc memiliki bentuk yang sama persis hanya beda di hasil akhir yang lebih nge-cover. Karna komposisinya yang cukup kompleks, tentu bedak jenis ini memiliki coverage yang lebih baik daripada bedak padat bahkan bisa mencapai full coverage untuk merk bedak tertentu dengan bantuan beauty tool. Hampir sama dengan bedak padat, bedak ini sebenarnya lebih cocok untuk kulit normal atau kering. Kenapa kulit oily kurang baik menggunakan ini? Karna kulit oily lebih baik nggak menutupi porinya terlalu tebal karna akan menyebabkan pori-pori kotor, sebum meningkat, daaan hasilnya jerawat bermunculan. Tapi don’t worry, beberapa bedak two way cake dipasaran lumayan banyak yang mengklaim cocok untuk kulit berminyak. Saranku sih ya buat kulit oily jangan te  rlalu lama nutup pori pakai produk lumayan berat kayak two way cake gini. Kalau memang tuntutan pekerjaan, bisa pakai ini tapi tetep kontrol minyaknya pakai face paper oil control (Kertas minyak buat kontrol muka berminyak) dan jangan lupa bersihkan pakai cara double cleansing untuk memastikan nggak ada residu makeup yang tertinggal di muka kalian (Kalau yang ini berlaku untuk ke semua jenis kulit ya bukan buat yang berminyak aja). Oh iya, aku ada sedikit tips buat bantu oil control two way cake untuk kulit berminyak yaitu gunakan loose powder sebelum two way cake. Itu akan bantu ngekontrol minyak berlebih kalian dan juga supaya twc nggak langsung nyentuh muka kalian. Oh iya salah satu keunggulan dari bedak jenis ini adalah dia praktis nggak ribet pakai foundation dulu sebelumnya tapi sudah menghasilkan hasil yang lebih nutup dan flawless. Bagi yang belum tau, bedak two way cake akan lebih mengcover muka kalian kalau tool yang kalian pakai (spons) sudah lembab atau basah. Spons kering biasanya menghasilkan sheer to medium atau medium coverage tapi kalau sponsnya di basahin dulu, hasil coveragenya akan lebih baik dan nutup imperfection muka kalian.

-          Powdery Foundation
Kalau yang ini secara fisik agak mirip kayak bedak padat dan twc namun teksturnya lebih creamy. Perbedaan dari bedak twc adalah persentase komposisi foundation dan bedak di dalamnya. Kalau di twc bedak lebih dominan daripada foundation, kalau di powdery foundation ini foundation lebih dominan daripada bedak. Coveragenya otomatis lebih baik daripada twc namun akan lebih berat di muka.
http://mugeek.vidalondon.net/shiseido-makeup-powdery-foundation/

-          Liquid Powder
Ini termasuk jenis bedak baru juga. Powder dalam bentuk cair walau ga cair banget. Teksturnya mirip liquid foundation. Bedak jenis ini coveragenya kurang lebih sama dengan bedak twc hanya beda di bentuk saja (TWC bentuk padat, liquid powder bentuk cenderung cair).

-          BB Cushion
BB Cushion ini wujud aslinya adalah seperti bb cream namun lebih cair lagi. Bedak jenis ini sebenarnya yang paling digemari oleh wanita korea. Sudah tau bb cream? Kalau belum tau aku akan sedikit menyinggung tentang bb cream. Jadi, bb cream mirip seperti alas bedak/foundation namun lebih light/ringan dan biasanya memiliki double bahkan triple function seperti: moisturizing, protecting, and covering. Menggiurkan? Yup! Nah BB Cushion ini seolah me njadi solusi buat yang mau pakai BB Cream tanpa ribet oles sana oles sini blend sana blend sini. BB Cushion sebenarnya berisi BB Cream dan powder yang berwujud cukup cair yang dikemas di compact gitu. Spons nya beda seperti spons bedak kebanyakan. Nah spons bb cushion ini nanti pas di tap-tap di bb cushionnya akan menyerap liquid bb cushion. Cara pemakaiannya jadi ga ribet kayak kalian pakai bb cream. Cukup gunakan kayak kalian pakai bedak biasa. Bb cushion biasanya memiliki hasil akhir dewy.
http://mozaic.mataharimall.com/female/5-bb-cushion-yang-bisa-bikin-wajah-mulus-saat-kencan-pertama

BTW, daritadi aku bahas matte sama dewy tapi belum jelaskan ya matte sama dewy itu gimana. Dibawah ini aku akan kasih tau kalian perbedaan hasil bedak matte dan dewy.
 
Kiri MATTE, Kanan DEWY
https://boldlipsmatchingwine.wordpress.com/2015/08/14/the-beginners-guide-to-make-up-choosing-the-right-foundation/
Kayaknya segitu dulu deh jenis bedaknya. Nanti kalau ada jenis bedak yang belum aku jelaskan bisa kalian komen ya di bawah, mungkin aku kelupaan (ngeles aja cuy).


2 komentar

Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates & MyBloggerThemes